Saluran Air Mampet karena Kain

Jika kain berhasil melewati saluran pembuangan air Anda, itu bisa jatuh ke saluran pembuangan dan akhirnya terperangkap. Setelah menyumbat saluran pembuangan Anda, mungkin sulit untuk menghilangkannya. Mengikuti beberapa langkah untuk melepaskan kain dari saluran pembuangan air Anda dapat membersihkan pipa pembuangan dan memungkinkan air mengalir kembali dengan bebas.

Mengapa Penyumbatan terjadi?

Saluran yang tersumbat adalah saluran yang lambat. Saluran air melambat ketika mereka mengumpulkan puing-puing kotoran dari waktu ke waktu.

Tanda-Tanda Saluran Air Tersumbat

Anda akan tahu bahwa sudah waktunya untuk membuka saluran pembuangan ketika:

  • Toilet tidak dapat mengalir lancar
  • Air membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mengalir di pancuran, bak mandi, atau wastafel kamar mandi
  • Ada bau funky yang tidak bisa Anda lacak
  • Wastafel dapur telah terisi dengan air yang dipenuhi puing-puing dan menjalankan pembuangan sampah tidak banyak berpengaruh

Apa yang harus dilakukan jika Anda mencurigai Saluran Air Anda Tersumbat?

  1. Hal pertama dan yang utama: periksa saluran pembuangan Anda untuk halangan yang terlihat . Tergantung pada jenis penyumbatan yang Anda hadapi, lihat saluran pembuangan (ini mungkin berarti di bawah tutup saluran pembuangan, seperti di wastafel kamar mandi). Gunakan senter jika perlu. Angkat apa pun yang Anda lihat yang mungkin menghalangi saluran pembuangan. 
  2. Selanjutnya, periksa kembali apakah saluran pembuangan Anda. Apakah ada ruang di dalam pipa untuk mengalirkan air? Cara memeriksanya tergantung pada jenis saluran pembuangan dan sumbat yang Anda miliki. Beberapa saluran air memiliki penutup yang dapat Anda buka dan angkat sepenuhnya. Bak mandi-mandi sering memiliki saklar di bawah keran yang membuka dan menutup saluran pembuangan. Selidiki apakah saluran pembuangan Anda memiliki mekanisme penghentian apa pun dan pastikan sumbatnya tidak secara tidak sengaja menghalangi saluran pembuangan. 

Jika Anda telah menghilangkan penghalang yang terlihat dan memastikan bahwa saluran pembuangan terbuka, dan air masih tidak mengalir, inilah saatnya untuk membuka sumbatan.

7-Cara Untuk Menghilangkan Sumbatan Saluran Pembuangan Anda

  1. Lepaskan sumbatan dengan tangan. Terkadang, sumbatan langsung terlihat di dekat permukaan dan mudah diakses. Kenakan sepasang sarung tangan karet dan keluarkan sumbat sebaik mungkin. Gantungan baju dari kawat juga akan berfungsi untuk sedikit jangkauan dan daya ungkit ekstra. 
  2. Gunakan tuas pembuangan. Tuas saluran pembuangan, juga dikenal sebagai drain snake adalah alat pengeboran fleksibel yang dapat ditarik yang dapat Anda beli di toko perangkat keras. Anda akan menggunakan engkol drain snake untuk mengirim kawat logam ke saluran pembuangan Anda untuk memutuskan atau menarik apa pun yang menyumbatnya. Pastikan untuk membersihkan drain snake Anda setelah digunakan. 
  3. Gunakan penyedot. Plunger tidak hanya untuk toilet yang tersumbat. Itu juga bekerja di wastafel dapur. Untuk pengisapan terbaik, Anda memerlukan plunger bergaya cangkir yang benar-benar menutupi lubang pembuangan untuk membuat segel yang rapat. Buat 6 dorongan rata, naik-turun, menjaga segel tetap utuh. Lepaskan plunger, jika air terkuras, Anda telah membuat kemajuan. Jika tidak, ulangi prosesnya. 
  4. Gunakan panci berisi air mendidih . Jika tidak ada penghalang yang terlihat menghalangi saluran pembuangan, dan ular saluran air tidak berhasil, kontak dengan air mendidih dapat membantu melarutkan kotoran yang lebih lunak seperti buih sabun atau minyak goreng di sekitar tepinya. Ulangi proses ini 2-3 kali sesuai kebutuhan. 
  5. Gunakan pembersih saluran air alami . Pembersih saluran pembuangan konvensional biasanya tidak bekerja sebaik yang mereka klaim, dan mereka penuh dengan bahan kimia berbahaya. Obat alami cuka putih dan soda kue bisa sama efektifnya, tergantung pada keadaan penyumbatan. Tuangkan 1 cangkir soda kue ke dalam saluran pembuangan, diikuti dengan 1 cangkir cuka. Pasang saluran pembuangan menggunakan penghenti saluran atau lap, dan biarkan campuran bekerja dengan ajaib selama setidaknya 1 jam. Bilas dengan air mendidih. Ulangi seperlunya. 
  6. Lepaskan dan bersihkan perangkap pembuangan . Kadang-kadang padatan akan ditemukan di perangkap pembuangan, juga disebut pipa-U, yang terletak di bawah pembuangan sampah di bawah bak cuci. Bersihkan area tersebut dan letakkan ember di bawah pipa-U untuk menampung limpasan apa pun. Gunakan kunci tukang ledeng untuk mengendurkan mur di kedua sisi pipa, pegang dengan stabil dengan tangan lainnya. Kosongkan pipa ke dalam ember dan periksa apakah ada sumbatan. Bersihkan, dan pasang kembali pipa-U setelah selesai.
  7. Panggil tukang ledeng. Jika semua hal di atas tidak berpengaruh pada kecepatan pembuangan, saatnya untuk memanggil seorang profesional.

3-Tips untuk Mencegah Penyumbatan

  1. Gunakan perangkap pembuangan (sarangan air). Ketika datang ke saluran air mandi yang tersumbat, halangan rambut hampir selalu menjadi penyebabnya. Penutup saluran pembuangan karet atau plastik dasar adalah cara murah untuk menangkap helai rambut yang tersesat setelah setiap mandi. Perangkap saluran pembuangan serupa dapat ditempatkan di atas bak cuci piring untuk menangkap potongan makanan yang lebih besar agar mudah dibuang. 
  2. Tidak ada limbah berlebih. Anda mungkin tergoda untuk mengosongkan tempat sampah atau menggoyangkan karpet ke kamar mandi dan mencucinya, tetapi kotoran dan serpihan yang lebih besar dapat menumpuk dan memperburuk padatan di kemudian hari. Hal-hal seperti biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan mendatangkan malapetaka pada filter pencuci piring dan saluran pembuangan wastafel dapur, dan kulit panjang atau sayuran berserabut seperti seledri melilit pisau pembuangan sampah dan mempercepat penumpukan di saluran pembuangan. Minyak goreng melapisi pipa dan menjebak makanan saat melewatinya, menyebabkan penumpukan yang membandel dan sulit larut.
  3. Pemeliharaan saluran pembuangan yang baik . Pembersihan saluran pembuangan secara rutin akan menjaganya tetap berfungsi dengan baik dan bebas bau. Simpan sebotol cuka putih suling atau soda kue di kamar mandi dan tuangkan sedikit dari satu atau keduanya ke saluran pembuangan sesering mungkin (pasti selama pembersihan mendalam musiman Anda ), diikuti dengan semburan air panas. Biasakan mengalirkan air sedikit lebih lama setelah membuang apa pun, baik itu pasta gigi, sisa makanan, atau sisa sampo. Ini akan memastikannya tidak menempel di sekitar permukaan saluran pembuangan. 

Leave a Comment