Cara Mengatasi WC Mampet karena Pembalut

Menstruasi merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita yang telah mencapai pubertas dan belum mencapai menopause. Ini adalah cara untuk mengetahui bahwa seorang wanita masih bisa hamil. Jika seorang wanita mengalami menopause, perdarahan bulanan atau menstruasi berhenti. Itu berarti bahwa wanita itu tidak bisa hamil.

Di sisi lain, Anda tidak lagi membutuhkan pembalut. Wanita menggunakan bahan penyerap ini untuk menangkap darah menstruasi. Dan ada beragam merek pembalut di luar sana.

Tapi kemudian, bagaimana wanita harus membuang pembalut telah menjadi bahan perdebatan cukup lama. Sementara beberapa orang mengklaim bahwa membilas pembalut ke toilet itu aman, yang lain memiliki pandangan sebaliknya. 

Yang benar adalah, membilas pembalut ke toilet itu cepat. Pertanyaannya, haruskah perempuan terus melakukannya?

Pada artikel ini, kita akan membahas hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang membuang pembalut. Jadi, ambil tempat duduk, dan baca dari awal sampai akhir. 

1. Apakah Bantalan Dapat Dibilas?

Tidak, pembalut tidak bisa disiram. Ini termasuk tampon, tisu, bantalan maxi, dan produk terkait lainnya. Meskipun ada merek yang mengklaim pembalutnya bisa dibilas, wanita disarankan untuk berhati-hati.

Tolong jangan buang apa pun selain kertas toilet dan cairan tubuh kecuali jika Anda 100% yakin itu bisa disiram. Jika tidak, Anda mungkin memerlukan layanan tukang ledeng.

Sekarang, mengapa pembalut tidak bisa disiram? Produsen pembalut wanita menggabungkan serat plastik ke dalam pembalut mereka. Plastik membantu menjaga pembalut agar tidak runtuh menjadi potongan-potongan kecil seperti kertas tisu saat memerah. 

Jadi, pembalut berperilaku berbeda dari kertas tisu , berkat plastik yang dianyam ke dalam kainnya. Jadi, jika Anda menyiram pembalut, mereka bisa berakhir di saluran pembuangan Anda dan kemudian ke laut. Tapi itu hanya bisa terjadi jika berhasil keluar dari toilet Anda. 

Kita semua tahu bahwa bahan plastik menyusahkan dan menjadi tantangan terbesar yang dihadapi manusia.

Jadi, pembalut tidak bisa disiram. Mereka tidak seperti kertas toilet yang hancur sejak Anda menyiramnya. 

Kiat Praktis:  Banyak merek mulai mengklaim bahwa mereka telah memproduksi tisu yang dapat disiram, yang merupakan penemuan yang luar biasa. Tapi pertanyaannya, apakah pembalut ini benar-benar bisa dibilas seperti yang diklaim? Ini adalah pengamatan yang tepat. Bantalan flushable dimaksudkan untuk menyerap cairan atau noda darah. Mereka juga ditempatkan di bawah pakaian dalam wanita. 

Akibatnya, ada kemungkinan mereka akan menerima pukulan saat seseorang bergerak dengan pembalut. Karena ini dan penyerapan cairan, pembalut harus lebih kuat daripada kertas toilet dan handuk kertas. 

Jadi, bahkan jika Anda menggunakan apa yang disebut pembalut yang dapat disiram, Anda mungkin harus menggunakan lebih banyak air untuk menyiramnya. Jika tidak, mereka akan menyumbat pipa ledeng Anda. Mungkin, mereka akan hancur ketika mereka menghabiskan beberapa waktu di selokan, direndam dalam air di bawah sana. 

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Membilas Pembalut Secara Tidak Sengaja?

Meskipun kampanye tentang perlunya berhenti membuang pembalut ke toilet telah mendapatkan momentum selama bertahun-tahun, orang masih melakukannya. Tapi kemudian, tidak ada yang akan menyarankan Anda untuk berhenti membilas bantalan ketika Anda memiliki masalah pipa sebagai hasilnya. 

Namun, jika Anda secara tidak sengaja menyiram pembalut ke toilet, jangan panik! Ada beberapa cara Anda dapat menyelesaikan ini sebelumnya. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, atau marah pada diri sendiri, pertimbangkan untuk menggunakan teknik ini untuk memperbaiki kekacauan yang Anda buat. 

2.1. Coba Gunakan Gantungan

Metode ini berguna jika pembalut tidak meninggalkan toilet. Jika Anda mencoba membilas pertama kali dan pembalut tidak bergerak, jangan coba membilas lagi. Ambil saja gantungan, kaitkan ke bantalan, dan tarik keluar. 

Omong-omong, anggap diri Anda beruntung karena pembalutnya tidak meninggalkan toilet. Jika tidak, Anda pasti sudah berkeringat untuk membersihkan toilet Anda sekarang. 

2.2. Gunakan Air Panas dan Sabun atau Sampo

Yang satu ini sederhana. Anda bisa menggunakan sampo atau sabun cair, apa pun yang Anda miliki. Pertama, tuangkan sabun cair atau sampo ke dalam mangkuk toilet. Kemudian tuangkan air panas ke dalam mangkuk juga. Airnya harus mendidih. Jadi, biarkan sampai mencapai titik didih.

Apa tujuannya? Air panas akan membuat pipa sedikit lebih besar, sehingga barang-barang yang tersangkut di dalamnya dapat dengan mudah melewatinya. Kemudian sabun cair atau sampo akan membuat air menjadi licin sehingga bendabenda yang tersangkut di kloset bisa lewat, bahkan tanpa Anda menyiramnya dengan banyak air. 

Sekarang, tunggu beberapa jam, dan pastikan tidak ada yang menggunakan toilet selama periode ini. 2 sampai 4 jam adalah waktu yang cukup untuk menunggu. Kemudian bilas toilet, seperti biasa. 

Apakah proses ini akan bekerja sepanjang waktu? Tidak! Ini mungkin tidak bekerja kadang-kadang. Dalam hal ini, Anda harus mencoba metode lain. Tidak ada gunanya mengulangi prosesnya. 

2.3. Gunakan Pendorong

Jika Anda tidak memiliki plunger, silakan ambil satu. Itu bukan sesuatu yang harus Anda pikirkan untuk dipinjam dari tetangga Anda. Tetapi jika Anda tidak memiliki dan membutuhkannya, silakan dan pinjam.

Akan membantu jika Anda memiliki plunger karena tidak semua masalah pipa memerlukan layanan tukang ledeng profesional. Anda bisa melakukannya sendiri dengan plunger atau alat yang diperlukan untuk memisahkan pipa ledeng Anda.  

Jadi, jika Anda merasa pembalut yang Anda siram secara keliru tidak meninggalkan mangkuk toilet, gunakan penyedot Anda untuk memberikan sedikit tekanan dan menekannya ke bawah. 

2.4. Coba Gunakan Auger Toilet

Alat ini juga harus ada dalam daftar alat yang harus Anda miliki di rumah dan untuk pipa ledeng Anda. Ini adalah salah satu alat paling berharga untuk membersihkan toilet yang tersumbat. 

Alat ini disebut dengan plumbing snake atau water closet auger. Itu dapat bergerak melalui saluran pembuangan toilet dan menghilangkan apa pun yang menghalanginya agar tidak berfungsi dengan baik. Anda dapat menggunakan auger untuk mengaitkan bantalan yang menghalangi saluran pembuangan dan mengambilnya. 

2.5. Siram dengan Air Secukupnya

Anda bisa mencoba menyiram toilet dengan air secukupnya. Berikut cara melakukannya. Isi mangkuk dengan air, angkat tinggi-tinggi, dan tuangkan ke toilet. Kekuatan dari air dapat mendorong pembalut menjauh dari saluran pembuangan toilet.   

3. Bisakah Pembalut Menyumbat Toilet?

Ya, bisa. Saat Anda menyiram pembalut ke toilet Anda, perkirakan ini akan terjadi. Secara bertahap, semua pembalut yang Anda siram menggumpal. Jadi, hanya masalah waktu sebelum mereka akhirnya memblokir pipa Anda.

Masalah dengan pembalut adalah air tidak menghancurkannya. Jika tidak, mereka tidak akan membantu menyerap cairan atau darah. Pembilasan apa pun dapat menghancurkan bantalan yang tersangkut di saluran pembuangan Anda. Dan jika mereka telah menggumpal untuk membentuk bola besar, Anda harus mendapatkan tukang ledeng untuk membuka sumbat toilet Anda. 

 

4. Bagaimana Anda Dapat Membuang Pembalut dengan Aman?

Sangat penting bagi anak perempuan yang sudah mulai menstruasi untuk membuang pembalut bekas dengan cara yang benar. Hal yang sama berlaku untuk wanita. Cara yang benar adalah tidak membuang pembalut ke dalam toilet, baik sekali pakai maupun tidak. Anda dapat membuangnya dengan cepat dengan cara lain. 

Berikut cara membuang pembalut bekas dengan aman. 

4.1. Gulung dan Buang

Proses ini sangat mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah melepas pembalut, menggulungnya untuk mencegah noda darah keluar, lalu membuangnya. Anda bahkan dapat memutuskan untuk membungkus pembalut dengan kertas tisu agar terlihat perlu. Pakai kertas tisu secukupnya saja.  

Anda bisa membuang pembalut tersebut ke tempat sampah di luar rumah setelah membungkusnya dengan rapi. Jangan khawatir, tidak ada yang akan menemukannya.

Tip Praktis:  Jika Anda tidak memiliki tisu toilet, Anda dapat membungkus pembalut dengan koran bekas.

4.2. Gunakan Cangkir Menstruasi

Jika Anda sadar lingkungan, Anda dapat mencari opsi ramah lingkungan lainnya selain menggunakan pembalut. Anda bisa mendapatkan cangkir menstruasi. Ini dapat digunakan kembali, aman, dan akan melayani Anda untuk waktu yang lama. 

Jadi, jika Anda bisa mendapatkan menstrual cup, Anda tidak akan direpotkan dengan cara membuang pembalut. 

4.3. Buang Pembalut di Pempat Sampah Kamar Mandi Anda

Jika Anda memiliki bungkus, maka baik-baik saja. Cukup bungkus pembalut dan buang ke dalam wadah di kamar mandi Anda. Tapi, tolong, pastikan Anda menutupi tempat sampah sepenuhnya. Kalau tidak, itu bisa mulai berbau setelah beberapa saat. 

Kesimpulan

Jika Anda telah menyiram pembalut di toilet, inilah saatnya untuk menghentikannya. Itu salah untuk melakukan itu. Mengapa? Seperti yang kami jelaskan, itu bisa menyumbat toilet Anda dan menyebabkan Anda menghabiskan banyak uang untuk menyewa tukang ledeng. 

Namun, Anda dapat melakukan hal-hal tertentu untuk membuka sumbat pipa jika Anda salah menyiram pembalut. Kami menyoroti berbagai langkah yang dapat Anda ambil dalam artikel ini. 

Yang mengatakan karena pembalut berlabel “flushable” tidak berarti itu akan hancur seperti kertas tisu. Tidak akan. Jadi, bahkan jika pembalut berlabel bisa disiram, pikirkan dua kali sebelum Anda membuangnya ke toilet. Bantalan flushable tidak begitu flushable. Ingatlah hal itu. 

 

 

Leave a Comment